Ini Lima Sepeda Touring Terbaik Dengan Harga Terjangkau

  • Whatsapp
ilustrasi
ilustrasi sepeda balap
banner 468x60

SERULING.ID– Berolahraga sepeda bukan hanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh, namun juga bisa menjadi sarana refreshing dan piknik yang murah meriah, baik secara sendiri, bersama teman atau komunitas dan bisa juga bersama keluarga.

Manfaat bersepeda diantaranya adalah untuk mengendalikan berat badan, dimana dengan sering berolahraga sepeda minimal 30 menit dapat membakar hingga 670 kalori.

Dengan bersepeda dapat melatih otot betis, hamstring, bokong dan quadriceps, dan juga meningkatkan aliran darah dan oksigen ke dalam tubuh.

Bila kita bersepeda secara teratur bisa menurunkan potensi terkena penyakit jantung dan pembuluh darah, selain itu dengan bersepeda sama seperti kita telah melakukan aerobic sehingga bisa menurunkan tekanan darah dan kadar lemak.

Selain itu juga dengan bersepeda bisa meningkatkan kekuatan, keseimbangan, dan koordinasi antara otot tubuh, juga bisa mengurangi stress, apalagi bila kita melakukan perjalanan jarak jauh (touring) dengan mengunjungi berbagai obyek wisata misalnya.

Untuk hasil yang maksimal, dan menghindari terjadinya cidera dan kenyamanan tentunya dalam melakukan touring, pemilihan sepeda yang tepat yang di sesuaikan dengan kondisi medan yang akan kita tempuh juga menjadi sangat penting.

Berikut beberapa review sepeda touring terbaik mulai dari harga yang bisa di jangkau oleh dompet kelas bawah, menengah, hingga kelas atas tentunya, baik yang di buat oleh pabrikan nasional maupun import dari luar negeri.

United 700C Gianicolo

Bila rute touring yang akan kita lalui berpasir, berlumpur, tidak usah khawatir bila menggunakan sepeda touring yang satu ini, United 700C Gianicolo.

Sepeda touring ini di asli made in Indonesia loh, bahkan sejak tahun 1993 sudah ekspor ke beberapa negara seperti di Eropa seperti Denmark, Spanyol, Itallia dan Portugal, jadi tidak perlu di ragukan lagi soal kualitasnya, karena pasar manca negara saja sudah mengakuinya kan.

Sepeda United C700 Gianicolo yang memiliki beberapa pabrik di Jawa Barat ini sudah di lengkapi ban berukuran lebar dengan ukuran 700 x 32c sehingga traksinya makin mantap di jalanan licin sekalipun.

Sehingga bila kita harus melewati jalanan berlumpur dan berpasir, dengan ban lebarnya kemungkinan ban sepeda kita amblas bisa di minimalisir, United 700C Gianicolo sangat cocok bila hendak di gunakan touring jarak jauh loh.

Bahkan bila rute touring kita melalui turunan nan terjal, United 700C Gianicolo sudah dilengkapi rem cakram yang pakem baik di ban belakang maupun di ban depan, jadi tidak usah khawatir kita nabrak – nabrak karena rem yang tidak pakem.

Rangka berbahan besi di jamin kuat dan tahan banting namun tetap ringan sehingga lincah di bawa bermanuver dalam berbagai medan yang ekstrem, untuk pengatur kecepatan (gigi)-nya hingga 14 speed dari Shimano Tourney, dengan pengoper gigi jenis Downtube Shifter.

Sehingga mumpuni untuk berbagai jenis medan berat seperti tanjakan, sehingga kita memiliki fleksibilitas dalam berkendara dengan system pengoperan gigi yang mudah, cukup dengan jari jempol.

Dan untuk menaruh bekal di perjalanan baik berupa minuman ataupun camilan, dan juga beberapa perlengkapan camping kita untuk perjalanan jauh, tidak perlu khawatir, karena United 700C Gianicolo sudah di lengkapi dengan tas touring.

Untuk harga, jelas masih dapat di jangkau oleh kelas menengah ke bawah sekalipun, dimana di tawarkan di beberapa toko online Indonesia dengan harga di bawah Rp. 3.000.000, sehingga bila kita memiliki budget terbatas tapi ingin tetap sehat dan gaya dengan sepeda touring, United 700C Gianicolo bisa menjadi pilihan.

United 700C Gianicolo layak menjadi pilihan, karena selain mumpuni di kelas dan segmennya, yang terpenting buatan Indonesia loh.

Polygon 700c Bend RV

Sepeda touring made in Indonesia lainnya yang juga patut menjadi pilihan adalah Polygon 700c Bend RV.

Kebanyakan orang mengira sepeda merk Polygon adalah buatan luar negeri, karena saat ini telah di pasarkan di 17 negara di dunia, karena kualitasnya tidak kalah bersaing dengan sepeda luar negeri lainnya, karena selain berstandar SNI, juga ada garansi 5 tahun.

Polygon 700c Bend RV di lengkapi dengan ban lebar merk Schwalbe 700 x 38c, sehingga tidak perlu khawatir saat touring dipastikan traksi ban maksimal dengan cenkeramannya yang kuat pada berbagai medium rute yang akan Anda lalui.

Penggunaan ban berukuran lebar pada sepeda touring adalah hal mutlak, termasuk pada Polygon 700c Bend RV ini, agar meningkatkan traksi sehingga tidak licin serta menghindarkan ban yang amblas pada saat melewati jalan berlumpur atau pasir, cocok untuk touring dengan perjalanan jauh.

Dengan rangka berbahan Alloy, yang ringan dan sudah pasti tahan karat dan berstandar SNI, sehingga Polygon 700c Bend RV sangat ringan dan lincah di ajak bermanuver saat Anda melakukan touring dengan tingkat kesulitan medan yang berat sekalipun.

Komponen utama Polygon 700c Bend RV dari Shimano keluaran Jepang, sehingga tidak usah meragukan jaminan mutu spare part yang dugunakan, mulai penggunaan kecepatan (gigi) hingga 22 speed Shimano 105, baik pemindah gigi depan maupun pemindah gigi belakang masing – masing gunakan Shimano 105 termasuk shifternya juga keluaran Shimano.

Sehingga sistem pengoperan gigi sangat mudah, cukup klik dengan jari jempol dan telunjuk (thumbshifter) sehingga Anda tetap merasa nyaman dan ringan saat bersepeda, sekalipun harus menempuh medan tanjakan yang terjal.

Saat menuruni rute nan curam, tidak usah khawatir karena Polygon 700c Bend RV di lengkapi disc brake cakram muka belakang, sehingga pakem dan tidak selip.

Hanya untuk menikmati standar keamanan, kenyamanan dan kualitas yang di tawarkan Polygin 700c Bend RV Anda harus merogoh kocek lebih dalam, karena harganya di pasaran local Indonesia di tawarkan di atas Rp. 10.000.000, tapi masih di bawah Rp. 20.000.000 kok.

Cannondale Synapse Alloy 7

Canondale Synapse Alloy 7 adalah model sepeda touring terbaru dari Cannondale, yang merupakan pengembangan dari sepeda model Tour I dan Tour II yang  sangat baik digunakan touring, dan sering di gunakan pesepeda professional.

Frame aluminium dan fork baja cro-moly berkualitas, dilengkapi komponen standar touring: botol air, rak bagasi depan dan belakang, fender sehingga untuk touring jarak jauh misalnya saat Anda haus tetap bisa mengayuh sambil tetap melakukan aktifitas minum, dan beberapa peralatan touring Anda bisa di taruh di tempat yang aman, tanpa membebani punggung Anda dengan ransel tentunya.

Bobotnya ringan karena di buat dari bahan berkualitas tinggi, framenya menggunakan Synapse Alloy, Optimized 6061 Alloy, Save Plus dengan Fork Synapse Save, Carbon blades 1-1/8’ di dukung Crank FSA Vero, 50/34.

Itulah salah satu alasan mengapa Canondale Synapse Alloy 7 di sukai pesepeda professional atau mereka yang senang ngebut di rute touring jalanan beraspal, bahkan Canondale Synapse Alloy 7 biasa di gunakan dalam kejuaraan balap sepeda, karena dengan bobot yang ringan bisa menambah akselerasi dan aerodinamik sepeda sehingga bisa lebih cepat di banding dengan sepeda yang bobotnya lebih berat.

Dengan kecepatan 9 speed, Canondale Synapse Alloy 7 di rancang agar dapat melaju walau di tengah medan yang ekstrim, makanya untuk perpindahan gigi yang cepat dan responsive sepeda ini menggunakan Cog Set SRAM PG-950, 11-28, 9-speed, chain KMC Z99, 9-speed, di dukung Front Derailleur Shimano Sora 3500, 31.8 clamp, dan Rear Derailleur Shimano Sora 3500

Untuk traksi di berbagai medan touring yang berat bukan masalah bagi sepeda Canondale Synapse Alloy 7, karena ban yang digunakan Schwalbe Lugano, 700 x 25c, yang di perkuat jari – jari Maddux RS 3.0, 32-hole, dengan Hubs Cannondale C4, sehingga pesepeda merasakan kenyamanan dan tapak ban terasa mantap menempel ke ruas jalan, meski di genjot dengan kecepatan tinggi, atau melalui jalanan licin dan basah sekalipun.

Salah satu keunggulan komponen Canondale Synapse Alloy 7 menggunakan komponen Shimano 105, mulai dari front derailleur, rear derailleur, brake hingga shifter yang kesemuanya terbuat dari aluminium, yang memiliki daya tahan tinggi dan tidak cepat aus meski di paksa kerja keras melalui medan – medan berat dalam kecepatan tinggi.

Dan untuk menghentikan laju Canondale Synapse Alloy 7, kedua rodanya terpasang brakes Tektro dual pivot, long reach, jadi nggak diragukan lagi kepakemannya.

Untuk harga yah, namanya juga porduk eksport pasti menyasar segmen kelas menengah ke atas dengan banderol di atas Rp 20.000.000, namun kocek yang Anda keluarkan sebanding dengan kenyamanan dan gengsi yang di tawarkan tentunya.

Hanya bagi pesepeda pemula, Canondale Synapse Alloy 7 tentu bukan pilihan yang pas, karena dengan perpindahan gigi hanya 9-speed dibutuhkan keterampilan khusus untuk mengatur kecepatan dan perubahan medan yang harus di lalui, dan biasanya sepeda touring Canondale Synapse Alloy 7 di gunakan pesepeda professional.

Novara Strada

Novara Strada, sepeda pabrikan Amerika Serikat ini termasuk salah satu sepeda touring terbaik di dunia, karena framenya ringan terbuat dari aluminium 60601 dan fork berbahan carbon yang dilengkapi fitur seat stay dan top tube berbentuk unik dengan makasud meningkatkan kenyamanan dan performa bagi pesepeda.

Dengan crankset model FSA Omega, 50/34 dan frame ringan sekitar 21 pound membuat Novara Strada menjadi pilihan bagus untuk touring jarak jauh baik di genjot santai maupun kencang.

Dimana pada framenya terdapat lubang tali yang dapat digunakan untuk memasang fender, sehingga sekalipun Anda mengendarai Novara Strada dalam cuaca hujan sekalipun dipastikan aman.

Shifter dan derailleur menawarkan kinerja oper gigi yang nyaman dan tidak rewel karena menggunakan material Shimano 105, demikian juga derailleurnya baik front maupun rear menggunakan Shimano 105, dengan kecepatan (gigi) 10-speed dengan rear cogs Shimano Tiagra, 12 – 30 dengan number gears 20 gear(s)

Untuk memastikan roda – roda memiliki traksi yang maksimal dengan berbagai medan touring yang akan di lalui, Novara Strada di balut ban type Clement Strada LGG 700 x 25c.

Rem kaliper jarak jauh Shimano kompatibel dengan fender memberikan kekuatan pengereman yang dapat diandalkan karena di lengkapi perangkat rem berupa rim brake dengan brakes type Shimano BR-R451, dan brake levers jenis Shimano 105.

Fuji Tour

Sekilas mendengar merk sepeda ini kita mengira adalah sepeda pabrikan Jepang, ternyata keliru, Fuji Tour adalah sepeda touring yang di produksi oleh Fuji, sebuah perusahaan sepeda di Amerika Serikat yang berdiri sejak tahun 1899.

Fuji Tour telah mengembangkan sepeda touring sejak beberapa tahun terakhir, dimana frame yang digunakan berbahan baja cro-moly berkualitas type Custom Elios 2 dan dilengkapi komponen standar touring berupa dua rak bidon, rak depan dan belakang, dan spoke holder cadangan, sehingga cukup untuk menampung bekal atau peralatan standar untuk bercamping misalnya.

Untuk memastikan sepeda stabil dan memiliki traksi yang maksimal saat menempuh rute touring yang ekstrim, mulai dari berpasir, lumpur dan pegunungan yang terjal, Fuji Tour di balut ban Vera City Wide ukuran 700 x 32c.

Untuk sector keamanan dan memastikan bahwa saat Anda meluncur kencang melalui jalan curam, brake set yang digunakan type Tektro, linear pull, alloy menjadi andalan Fuji Tour, sedangkan tuas remnya berbahan Alloy, Road Levers.

Fuji Tour menggunakan rim berukuran 700C dengan 36 lubang, 14 gauge spoke dan jenis rem kantilever Shifter STI yang cukup nyaman di gunakan pengendara, meski rem jenis ini cukup sulit untuk diperbaiki darurat saat di perjalanan.

Sedangkan crankset Shimano Deore, 48/36/26T w/ dan kombinasi cassette belakang Shimano Deore, 11-34& dengan percepatan 9-speed di tunjang chain KMC X9w dan wheelset vera terra DPM 18 rims 36 h, alloy hubs, black spokes sehingga sangat mendukung untuk perjalanan touring dengan medan ringan, medium baik di perbukitan maupun pegunungan kecil.

Fuji Tour di produksi dengan berbagai macam ukuran dan juga warna diantaranya sizes XS (49cm), M (54cm), L (56cm), XL (58cm), XXL (64cm), Sedangkan warna yang di tawarkan adalah warna hijau, hitam dan anti karat.

Kegiatan touring pastilah menempuh jarak yang lumayan jauh, dan terkadang harus melalui medan berat yang tidak terduga tentunya, sehingga dalam memilih sepeda touring yang pas aspek ketahanan, kenyamanan dan keamanan serta responsibility dan akselerasi selalu menjadi pertimbangan banyak pesepeda dalam memilih sepeda touring.

Apalagi bila kita sudah mengetahui bahwasanya rute yang akan di lalui adalah medan yang berat, semisal jalan menanjak, bila responsibility perpindahan gigi sepeda kita lambat, bisa di pastikan kita akan sampai ke puncak dengan mendorong sepeda.

Dari kelima sepeda touring terbaik di atas tentunya memiliki kekurangan dan kelebihan masing – masing, karena memang di rancang untuk rute dan medan touring yang berbeda, sehingga bila rute yang akan Anda lalui beraspal, menanjak dan menurun dalam kecepatan tinggi, tentu pertimbangan ban dan traksi yang mantap serta di dukung dengan body ringan dan aerodinamis yang di lengkapi perangkat pengereman mumpuni akan menjadi pilihan.

Sedangkan bila rute yang akan Anda lalui adalah medan berpasir, atau jalan setapak di tengah hutan, berbatu dan berbecek tentunya akselerasi perpindahan gigi, kenyamanan dan ergonomis dalam bersepeda menjadi pilihan Anda.

Dari kelima sepeda touring terbaik yang sudah di ulas di atas, semoga bisa memberikan gambaran kepada Anda sepeda seperti apa yang Anda butuhkan untuk hobby touring Anda, dan yang sesuai dengan kocek Anda (dikutip dari berbagai sumber)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *